01 Mei 2021 09:38 wib
  • pendidikan

Medan, 29 April 2021 M/ 17 Ramadhan 1442 H Ma’had Al-Jamiah UIN Sumatera Utara menyelenggarakan kegiatan peringatan Nuzulul Quran dengan tema Generasi Milenial Pecinta Alquran. Kegiatan ini dihadiri seluruh mahasantri, musyrifah serta jajaran sekretariat Ma’had. Adapun rangkaian acaranya yakni, pembacaan gema wahyu ilahi yang dibawakan oleh Ruwaidah Hasibuan selaku mahasantri, kata sambutan yang disampaikan ukhty Riyah Shibha sekaligus membuka acara. Selanjutnya ceramah yang dibawakan oleh Ustad M. Iqbal Wardhani, M.Sos. Berkaitan dengan tema di atas beliau menjelaskan bahwa nuzulul quran bermakna turunnya Al-Quran. Tetapi Allah tidak menurunkan Al-Quran secara langsung melainkan bertahap. Prosesnya yakni, Pertama dari Allah ke Lauhul mahfuz, namun tidak ada keterangan kapan turunnya Al-Quran ini. Kedua dari lauhul mahfudz ke baitul izzah, ini diturunkan secara lengkap dari surah Alfatihah sampai dengan Annas. Ketiga dari baittul izzah kepada nabi Muhammad SAW, ini dimulai dari surah Al-Alaq.

Nah, jadi dapat kita lihat betapa besarnya anugrah Al-Quran ini. Sebagai generasi milenial memang haruslah kita mencintai Al-Quran karena memang ia merupakan anugerah terbesar yang diberikan Allah kepada Umatnya. Dan kita juga sebagai generasi milineal haruslah mencintai Al-Quran, karena terdapat banyak fadhilah di dalamnya, terlebih lagi disaat sekarang yakni bulan suci Ramadhan, karena bulan Ramadhan hadir sebagai ampunan buat manusia akan dosa dosa yang telah dilakukan.

Kemudian acara ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh al-Ustadz, dan sholawat yang dilantunkan oleh beberapa mahasantri Ma’had.

 

Admin Ma’had