25 April 2021 16:41 wib

Jum’at, 23 April 2021 M/11 Ramadhan 1442 H. Kuliah lima belas menit (Kulibas) kali ini bertemakan Puasa Mengintegrasikan Kesalehan Individual dan Sosial yang dibawakan langsung oleh Prof. Hasan Asari, M.A selaku Wakil Rektor I UIN Sumatera Utara. Berkaitan dengan tema di atas ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, yaitu tentang kriteria amalan/tindakan yang menunjukkan kebaikan dari suatu tindakan. Pertama Ikhlas dikaitkan dengan keutuhan penyerahan diri kepada Allah. Ikhlas itu tidak mengharapkan apapun kecuali keridhoan Allah SWT. Ikhlas itu mudah diucapkan tapi sulit diukur. Standarisasi ikhlas itu tak mudah, ukurannya tidak bisa hanya terucap dari mulut saja sifatnya exclusive bersebab hanya dia dan Tuhan yang tau.

Kedua Saleh dapat diartikan secara umum yaitu baik. Saleh itu melekat pada aktivitas apa yang kita kerjakan. Kesalehan itu dapat diukur dan hal tersebut tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tapi mampu memberi manfaat bagi orang lain.

Semoga kita menjadi insan saleh yang mampu menebar manfaat kepada orang lain serta menjadi hamba yang taat beribadah dengan ikhlas hanya mengharapkan keridhoan-Nya.

Admin Ma’had