19 April 2021 11:06 wib
  • browser

 

Medan, 18 April 2021 M/06 Ramadhan 1442 H, Ma’had mengadakan kegiatan  ngabuburit ceria yang mengangkat tema “Produktivitas selama bulan Ramadhan”. Materi kali ini disampaikan oleh ukhty lisa kartika, SE. Beliau termasuk salah satu alumni ma’had sekaligus Ri’ayah di ma’had al-jami’ah sampai periode 2020. Setelah selesai membagi ilmu di ma’had, beliau kembali ke kampung halaman dan memulai bisnis makanan beku seperti, risol dan bakso serta makanan beku lain. Sangat sesuai pemateri kali ini mengangkat tema “Produktivitas selama Ramadahan, mengingat kegiatan beliau yang bisa dikatakan padat.

Membagi waktu juga merupakan kunci dalam mengatur produktivitas, mengambil langkah yang akan dilakukan, karna tidak ada yang akan tahu hari esok. Maka dari itu berani mencoba adalah jawabannya, mulai dari hal-hal kecil, usaha yang kecil-kecilan, dan yang terpenting langkah utama yang harus dilakukan untuk memulai dan berani.

Adapun tips dan trik yang diberikan oleh pemateri, agar bisa membagi waktu yang dimilki, baik antara waktu kuliah dan hal lain yang ingin dilakukan. Memberanikan diri untuk memulai sesuatu yang baru, berani untuk keluar dari zona aman dan nyaman. Mulai sesuatu dari hal-hal kecil, termasuk membuka usaha dimulai dari usaha yang kecil saja terlebih dahulu, dan yang terpenting rajin dan istiqomah.

Kiranya itu lah inti yang disampaikan oleh pemateri ngabuburit kali ini, yang berani memulai usahanya yang diberi nama UMMI FOOD, dengan harapaan kedepannya bisa maju dan berkembang.

Semoga mahasantri Ma’had bisa mengambil pesan-kesan yang bermanfaat dari pemateri untuk selalu produktif walaupun sedang berpuasa, dan tetap semangat untuk menjalankan ibadah-ibadah lainnya.

Admin Ma’had