16 April 2021 10:55 wib
  • pendidikan

Medan, 16 April 2021 M/4 Ramadhan 1442 H. Ma’had Aljamiah UIN SU kembali lagi mengadakan kegiatan kuliah lima belas menit (Kulibas) melalui zoom meeting yang dihadiri oleh pengurus dan mahasantri Ma’had. Prof. Amroeni Drajat, M.A selaku pemateri kulibas hari ini membawakan materi yang berjudul Puasa dan Kecerdasan Emosional. Dalam kesempatannya beliau menyampaikan ada beberapa ayat di dalam Al-Quran yang membahas tentang puasa. Namun yang paling populer di telinga kita adalah yang termaktub di dalam Al-Quran surah Al-Baqarah: 183 yang menjadi dasar dari perintah pelaksanaan puasa. Di dalam ayat tersebut terdapat empat aspek tinjauan yakni, orang yang beriman, orang yang berpuasa, umat yang terdahulu dan orang yang bertakwa.

1. Orang yang beriman: perintah puasa ini tertuju kepada orang orang yang beriman, yang mana imannya sudah benar. Karena kalau sudah benar-benar beriman, maka perintah tadi pun tidak menjadi masalah baginya.

2. Orang yang berpuasa: bulan puasa menjadi bulan yang penuh kesempatan, yakni untuk menghapuskan dosa dosa yang telah lalu.

3. Umat yang terdahulu: disini dimaksudkan ada catatan historis atau sejarah, karena kita tidak mungkin akan tau apa yang kita lakukan jika sebelumnya tidak dilakukan oleh orang yang lebih dulu dari kita.

4. Orang yang bertakwa: puasa ini nantinya akan menjadikan kita lebih bertakwa kepada Allah, karena orang yang bertakwa pasti mengetahui, memahami, menghayati serta mengamalkan perintah Allah.

Semoga materi hari ini bermanfaat dan dapat memberikan energi positif  kepada kita semua dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Admin Ma’had