30 Maret 2018 22:45 wib

MELALUI PORSKIL MA’HAD UIN SU SIAPKAN MAHASANTRI TERBAIK UNTUK AGENDA RIHLAH ILMIAH V

Ma’had Al Jami’ah (Medan), Ma’had Al Jami’ah UIN SU Medan melaksanakan program PORSKIL (Pekan Olahraga Seni Dan Keilmuan) bertemakan Dengan Sportifitas Dan Semangat Lomba, Kita Songsong Pekan Rihlah Ilmiah Dengan Prestasi Ma’had Al Jami’ah UIN SU sebagai program wajib tahunan yang dilaksankan pada pertengahan semester genap. Tujuan diadakan program ini ialah untuk mengapresiasi bakat dan kemampuan mahasantri ma’had baik dalam bidang olahraga, seni dan juga keilmuan. Program ini di laksanakan pada sabtu sampai minggu (24/03/2018-25/03/2018). Hari pertama diawali dengan opening ceremony yang dihadiri langsung oleh Wakil Rektor III UIN SU Prof. Dr. Amroeni Drajat, M.A sekaligus membuka secara resmi agenda tersebut. Selain Wakil Rektor III turut hadir pegawai kesehatan tim medis UIN SU yang juga berpartisipasi dalam kegiatan ini di bidang kesehatan . Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh pengurus Ma’had Al Jami’ah baik mudir, staff kesekretariatan, riayah, musyrifah dan murobbi. Adapun jumlah mahasantri yang hadir pada program ini berjumlah 255 mahasantri.

Adapun jenis perlombaan yang di lombakan ialah bidang olahraga meliputi: senam santri,bulu tangkis, tarik tambang dan futsal. Bidang seni yaitu nasyid perksusi dan juga bidang keilmuan meliputi: syarhil quran, pidato bahasa inggris, pidato bahasa arab, tahfidz juz I & 2 dan juga  kaligrafi. Masing-masing kelompok mengutus anggotanya untuk mengikuti cabang perlombaan tersebut.

Dalam agenda Opening Ceremony yang dilaksanakan di lapangan UIN SU pada sabtu pagi, wakil rector III mengatakan bahwa “muslim yang kuat adalah mereka yang kuat jasmani dan rohani, untuk itu agenda ini sangat bijak karena karena mampu mendukung mahasantri yang sehat jasmani dan juga rohaninya sesuai denagn hadist nabi. Menjadikan UIN SU sebagai kampus internasional di tahun mendatang membuat Mahad Aljamiah sebagai tolak ukur dalam penguasaan bahasa asing baik Inggris atau Arab. Untuk itu besar harapan bapak Rektor kepada Mahad Aljamiah untuk dapat membantu merealisasikan iternasionalisasi kampus agar mampu bersaing di kancah internasional”.

Pada kegiatan porskill tahun ini juara umum diraih oleh kelompok sa’udah binti zam’ah. Juara I porskill dari setiap cabang perlombaan diberi apresiasi oleh mudir ma’had al-jamiah UIN-SU sebagai delegasi perlombaan untuk kegiatan rihlah ilmiah yang akan diadakan di bulan Mei mendatang.